9/11/2009

ASURANSI MARITIM

Dalam sebuah pelayaran sering kali kita berhadapan dengan cuaca yg kurang bagus. walaupun saat di pelabuhan pemberangkatan semua cargo sudah di lashing dengan baik pintu pintu kedap air dan pelengkapan yg lain telah di aman kan, tetapi di karenakan cuaca yg buruk sehingga menghambat jalananya pelayaran kita. bisa saja. lashingan yg sudah kuat akan terbuka dan otomatis barang muatan akan bergerak sehingga menimbulkan kerusakan pada kapal dan muatan. jika terjadi peristiwa macam ini yang harus kita siapkan adalah  dokumen penyangga atau sebagai back up kita saat tiba di pelabuhan singgah.
sudah jelas pemilik barang akan mengklaim perusahaan kita atau perusahaan akan menklaim pihak asuransi, buat apa dong kita membayar asuransi kalau tidak bisa dimanfaatkan saat kejadian seperti ini. perusahaan pun akan meminta penjelasan tetang kehilangan atau kerusakan barang tersebut.agar pihak asuransi mau membayar kerugian kerugian yg terjadi selama dlm pelayaran,  ada beberapa dokument yg harus di siapkan,
 Dokumen apa saja si , yang wajib dilampirkan dalam mengajukan klaim atas Partial Loss utk kapal

Dokumen dalam mengajukan claim Partial Loss adalah :


1- Polis asli, endorsemen, ini sudah ada dalam lampiran dokumen  tugas yg harus kital buat adalah note of protes di karenakan keadaan cuaca yg buruk, jelaskan juga dalam statement of fact dengan detail yg kita ambil dari catatan buku harian kapal.

2- jika barang rusak buatkan juga Damage report of cargo, catatan khusus untuk pengecekan barang atau juga check list/ daily report di ikut sertakan. dan jika pihak asuransi sudah datang mereka akan membuatkan survey report tentang cargo yg bermasalah tadi.
3- Letter Of subrogation.
4- Biaya bunker, biaya dok, biaya perbaikan sementara, biaya koresponden

jika sampai kapal kita naik dok maka ada tambahan dokument lainya.
Dokumen yang wajib dilampirkan adalah:

1.Kisah kapal
2.Log book dek
3. Log book mesin
4. Buku olah gerak kapal
5. Surat ijin berlayar
6. Sertifikat kapal
7. P&I Club
8. H&M Insurance

Dan dukumen apa saja yang digunakan guna pengajuan klaim, Particular average untuk muatan?

1. Dokumen utk Particular Average untuk muatan ialah:
2- Polis asli
3- Non Delivery Cargo Report
4- Daftar Harga
5- Laporan gudang Asli
6- Tembusan surat tuntutan kepada pihak kapal



dari kisah yg di atas betapa penting Asuransi itu , asuransi bukan hanya milik kapal yg wajib di miliki tapi para navigator, awak kapal bahkan keluarga di rumah harus di miliki, di saat terjadi peristiwa yg tak kita inginkan di sini kita membutukan asuransi. kembali mengenai kapal, Apakah si manfaatnya  Asuransi Angkutan Laut bagi Perusahaan Pelayaran maupun Cargo Owner:

a. Memberi rasa aman bagi pengusaha karena telah digusur kepada asuransi
b. Menambah efisiensi bagi perusahaan
c. Memmungkinkan pemberian kredit
d. Memungkinkan penanaman modal
e. Memungkinkan harga –harga jadi stabil

penjelasan di atas hanya sebagian pokok dasar saja, yg wajib kita ketahui di karenakan lingkup kerja kita di bidang perlayaran yg menuntut akan hal itu.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Gimana ya kalau kapalnya sudah tua dan batuk batuk apa ada asuransi mau, menjamininnya.,,,apalagi kapal kapal tua masih banyak belum di gusur juga

Ubhay mengatakan...

Menurut gw pihak asuransi juga punya perhitungan sendiri (syarat), layak atau tidak layak sebuah kapal yang tua diasuransikan...seperti manusia aja..ada batas2 umur tertentu