9/15/2009

ISM code wajib bagi para pelaut

  Manajemen keselamatan


Pengembangan  ISM Code
Dampak dari ISM Code dan efektivitasnya
Mempelajari Lebih lanjut tentang ISM Code

Pengembangan ISM code


Sejumlah kecelakaan kecelakan yang sangat serius, yang terjadi sepanjang akhir tahun 1980-an, jelas-jelas disebabkan oleh kesalahan dari manusianya , kesalahan ini di sebabkan oleh sistem manajemen yg slalah di terapkan, inilah sebagai indikator faktor penyebabnya.
Lord Justice Sheen  dalam penyelidikannya terhadap hilangnya Herald of Free Enterprise yg terkenal itu, menjelaskan kegagalan tersebut disebabkan oleh sistem manajemen yg salah sebagai "penyakit kecerobohan".
Pada Assembly ke 16 pada bulan Oktober tahun1989, IMO mengadopsi resolusi A.647 (16), tentang petunjuk petunjunk sistem Manajemen dalam mengatur keamanan, Pengoperasian untuk Kapal kapal dalam Pencegahan Pencemaran di laut.


Tujuan dari pada Panduan ini adalah untuk memberikan penjelasan penjelasan kepada mereka yg ikut andil harus bertanggung jawab dalam pengoperasian  kapal kapal di laut dengan mengunakan kerangka pembangunan yang tepat, di dalam pelaksanaannya untuk menilai keselamatan dan pencegahan polusi sesuai dengan langkah langkah menejemenn yg benar.
Tujuannya dari pada itu adalah untuk memastikan keamanan dan untuk mencegah kecelakaan atau hilangnya nyawa manusia, dan juga untuk menghindari kerusakan terhadap lingkungan, khususnya lingkungan laut, dan harta benda lainya.
Panduan ini juga didasarkan pada prinsip-prinsip umum yg bertujuan untuk mempromosikan suara evolusi  terhadap tidakanan yg di ambil  untuk pengaturan/manajemen di dalam mengoperasikan industri kapal secara keseluruhan.

Petunjuk ini juga mengakui betapa pentingnya instrumen internasional yang ada sebagai sarana pendukung yg terpenting dalam mencegah jatuhnya korban jiwa, polusi di laut termasuk bagian yg terpenting dari system manajemen tsb, pentingnya keselamatan dan kebijakan terhadap lingkungan di sekitarnya.

Setelah beberapa pengalaman dalam pelaksanan menggunakan petunjuk ini, pada tahun 1993 IMO mengadopsi Manajemen Internasional Kode untuk keamanan Pengoperasian Kapal kapal dalam Pencegahan dan Pencemaran di laut (dalam ISM Code).

Pada tahun 1998, ISM Code menjadi wajib.
Kode atau aturan  ini menetapkan tujuan dari pengelolahan keamanan memerlukan sistem manajemen keselamatan (SMS) yang akan dibuat oleh "Perseroan", yang didefinisikan sebagai pemilik kapal atau setiap orang, seperti manajer atau Bareboat menyewa, ikut serta bertanggung jawab terhadap pengoperasian kapal pakal di laut.

Perusahaan diwajibkan untuk membangun atau membuat dan menerapkan kebijakan agar tercapai maksud dari tujuan ini. termasuk juga dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang diperlukannya serta dukungan dari staff staff pekerja di darat.
Setiap perusahaan di haruskan "untuk menunjuk salah seseorang atau beberapa orang staff di darat yang mempunyai/memiliki akses langsung ke pimpinan tertinggi dari perusahaan tersebut".
aturan  yang diminta oleh Kode ini,  semua dokumen dokumen harus didokumentasikan dan dikumpulkan dalam sistem Manajemen Keamanan Manual, dan salinan dokumen harus di simpan diatas kapal.

jadi jelas sekali terjemahan diatas bahwa di wajibkan bagi para pelaut untuk mematuhi dan mengikuti aturan dari ISM code agar tercapainya standart sistem manejemen yg baik dan benar dalam lingkungan pelayaran.

Tidak ada komentar: