saat kita berlayar terkadang kita mendapatkan cuaca yg tidak bersahabat sebagai contoh kasus yg terjadi dan sering buat kapal kapal yg melintas diperairan Jepang, kapal mengalami cuaca buruk dan dari data “WEATHER FACSIMILE” ada TYPHOON di daerah itu, kapal anda ternyata berada di area “DANGEROUS SEMI CIRCLE” na...."jika kita mengalami hal seperti ini:
bila anginnya veering usahakan kpl menjauh dari pusat tekanan rendah (LOW) tsb. dengan emergency full speed. Tempatkan angin dan ombak
berada 1 s/d 4 surat di sebelah kanan haluan kapal .
2. Bila anginnya backing, letakkan angin di lambung kanan kpl dan berlayar dgn kec. penuh dan
membelok ke kiri. Jadi mengikuti haluan relatip menjauhi cyclone.
Memilih tempat shelter yang baik:
- Usahakan dibalik pulau atau didalam teluk yang terlindung dari angin dan ombak.
- Dasar laut yang landai merupakan dasar laut yang baik untuk menahan jangkar.
- Jangan terlalu dekat dengan daratan.
- Ruang unt. berputar harus cukup luas unt OG.
- Jarak dgn kpl2 lain harus cukup aman.
berada 1 s/d 4 surat di sebelah kanan haluan kapal .
2. Bila anginnya backing, letakkan angin di lambung kanan kpl dan berlayar dgn kec. penuh dan
membelok ke kiri. Jadi mengikuti haluan relatip menjauhi cyclone.
Memilih tempat shelter yang baik:
- Usahakan dibalik pulau atau didalam teluk yang terlindung dari angin dan ombak.
- Dasar laut yang landai merupakan dasar laut yang baik untuk menahan jangkar.
- Jangan terlalu dekat dengan daratan.
- Ruang unt. berputar harus cukup luas unt OG.
- Jarak dgn kpl2 lain harus cukup aman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar